September 30, 2008

Diet ? Jangan Sembarang !


Dengan fenomena ‘zero size’ sekarang yang sedang berkembang, pasti banyak kaum wanita yang ingin melakukan diet ketat. Bahkan kadang saking ketatnya malah terasa menyiksa diri sendiri. Tetapi bagaimana caranya dapat melakukan diet tanpa membuat badan kelihatan tidak segar dan menyiksa diri sendiri? Saat ini banyak program diet yang menawarkan hasil tubuh sehat dan langsing. Namun, hati-hati dalam memilih program diet yang tepat, karena impian tubuh sehat dan langsing bisa hilang akibat salah memilih program diet. Untuk urusan diet yang penting adalah tetap mengkonsumsi makanan bergizi tinggi dan jangan asal memangkas jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut kami berikap panduan sehat untuk melakukan diet yang sehat:

1. Mengonsumsi buah-buahan Salah satu program diet yang aman bagi tubuh adalah diet dengan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan. Konsumsi buah-buahan dalam jumlah tinggi itu dapat pula menghindari kita dari serangan jantung dan kanker. Buah-buahan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kandungan nutrisinya adalah: Apel, stroberi, Pisang, Melon, jeruk, mangga, kiwi, plum, anggur, nanas.

2. Jangan melakukan tindakan ekstrim seperti sama sekali tidak makan demi kurus dalam waktu cepat. Yang terbaik adalah makan dalam porsi sedikit. Rata-rata tubuh membutuhkan 1200 sampai 1500 kalori setiap harinya untuk bisa berfungsi. Jika melakukan pengetatan kalori, akan memperlambat metabolisme tubuh yang berakibat menimbulkan masalah kesehatan.

3. Jangan menyingkirkan golongan makanan tertentu. Banyak orang melakukan diet dengan menyingkirkan golongan makanan tertentu yang di anggap musuh diet. Padahal saat melakukan diet, tubuh kita memerlukan keseimbangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dan nutrisi menjaga agar tubuh tetap sehat. Tubuh kita memerlukan air, vitamin, karbohidrat, sedikit lemak, mineral,serat dan oksigen.

4. Makan makanan karbohidrat kompleks seperti padi-padian penuh, pasta untuk menjaga kadar gula dalam tubuh anda tetap normal. Ini juga berguna untuk membuat anda tetap bertenaga dan memenuhi dengan serat sehat.

5. Perhatikan kecukupan tubuh akan protein. Tubuh memerlukan 30 gram protein dalam sehari. Daging, susu serta olahan susu memiliki kandungan protein sangat tinggi.

6. Makan hanya pada saat lapar. Anda makan hanya pada saat lapar saja, lalu jam-jam berikutnya anda boleh mengemil buah dan sayur.

Siapkan diri anda untuk melakukan diet sehat!!!

Tidak ada komentar: