September 30, 2008

Tips Agar Mata Tetap Sehat dan Cantik


Indera penglihatan merupakan suatu anugerah yang wajib kita pelihara, tetapi terkadang kita lupa untuk merawat mata kita seperti yang seharusnya. Padahal mata juga mempengaruhi kesan wajah serta penampilan secara keseluruhan. Jadi memang sangat penting bila anda menjaga keindahan mata.

Merawat mata yang benar akan membuat anda terlihat menarik karena memang mata mampu memberikan penampilan anda terlihat lebih bergairah. Menurut penelitian di Amerika Serikat pada tahun 1987, diketahui bahwa otot mata bergerak sekurangnya 100.000 kali dalam sehari! Ini menyebabkan sering terjadi kerutan, garis halus, lingkaran gelap di kantung mata dan mata yang nampak sembap atau tidak segar.

Faktor-faktor lain pemicu mata tidak segar adalah karena sering terkena sinar UV matahari, udara dingin dan kering, alergi terhadap makanan dan bahan sabun, kurang tidur, terlalu lama membaca, menonton TV dan bekerja di depan computer. Ada beberapa hal lain yang sering terjadi pada mata, sebaiknya anda simak berikut ini.

Kantung mata atau baggy eye biasanya disebabkan karena sistem pembuangan cairan tubuh. Hal ini bisa juga disebabkan pada bagian dalam kulit di bawah mata tumbuh lemak yang berlebihan sehingga terlihat agak membengkak dan biasa disebut dengan kantung mata. Untuk mengurangi kantung mata maka anda bisa lakukan pijatan lembut pada wilayah berkantung dengan menggunakan jari tangan yang tengah dari arah ujung dalam ke arah ujung pinggir mata bergerak arah bulat. Untuk sehari-hari maka anda bisa gunakan tabir surya.

Mata merah biasanya disebabkan karena polusi udara. Seperti; asap knalpot kendaraan bermotor, polusi udara di jalanan dan asap rokok sehingga membuat mata iritasi ringan. Bila mata terasa gatal, sebaiknya jangan langsung menguceknya. Karena hanya akan membuat mata semakin merah. Bisa jadi karena tangan anda tidak bersih dan kuman bisa masuk ke dalam mata. Untuk mengatasinya sebaiknya anda gunakan tetes mata agar iritasi mata ringan sehingga meredakan keluhan mata merah.

Mata letih dan kuyu. Untuk mata letih karena anda terlalu lelah bekerja, ambil sebongkah kecil es lalu usapkan pada sekeliling mata. Cara ini akan mengembalikan kelancaran peredaran darah dan menyegarkan mata.

Agar mata anda tetap tampil sehat dan cantik sebaiknya anda mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi yang baik untuk membantu pembentukan kolagen yang merupakan bahan dan mengurangi proses pigmentasi di sekeliling mata serta konsumsi Vitamin A yang berguna untuk mempertajam mata. Bisa juga dengan obat penambah air mata yang bisa Anda beli di klinik mata atau apotek, dalam bentuk cairan dengan ukuran isi 0,3 cc atau kira-kira enam kali pemakaian, hanya bisa digunakan dalam 24 jam. Sekali pemakaian diperlukan ukuran satu tetes saja. Selain itu, ada obat mata dalam bentuk cairan lain dalam botol ukuran 15 cc yang berlaku selama satu bulan saja. Dengan merawat mata maka penampilan anda akan semakin sehat dan cantik.

Tidak ada komentar: