September 30, 2008

Rambut Sehat Luar dan Dalam


Rata-rata, rambut manusia itu memang tumbuh sekitar 6 milimeter tiap bulannya. Walaupun kayaknya imposible banget buat memperpanjang tumbuhnya rambut. Ada loh cara-cara buat mendorong cepat panjangnya rambut. Treatment adalah kunci pertamanya, selain kesabaran tentunya. Karena dengan treatment yang benar, otomatis rambut bisa lebih cepat tumbuh. Treatment yang kayak apa sih??

Dari Dalam: Apa yang kita makan bisa juga mencerminkan kesehatan rambut kita. Kandungan makanan yang seperti dibawah ini yang wajib kita konsumsi…

1. Protein

Karena rambut terdiri dari 97% protein dan 3% air, maka otomatis rambut juga membutuhkan banyak protein. Seperti yang terdapat pada kacang-kacangan, ayam dan seafood.

2. Vitamin C

Berguna untuk menyehatkan rambut. Seperti jeruk, strawberry, kiwi, nanas, tomat, kentang dan sayur-sayuran berwarna hijau tua.

3. Vitamin B3 (niacin) dan Vitamin E

Berguna untuk memperlancar peredaran darah pada kulit kepala. Bisa didapat dari ikan, ayam, daging, minyak sayur, kacang kedelai dan sayuran berwarna hijau.

4. Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Terdapat pada sereal, daging dan telur yang berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut.

5. Zat Besi

Seperti kangkung dan bayam untuk penguat rambut

6. Teh Hijau

Melindungi rambut dari radikal bebas dan membuat rambut bertambah sehat.


Dari Luar: Perawatan dari luar juga nggak kalah pentingnya. Semakin rambut disayang dengan perlakuan yang baik, rambut semakin cepat panjangnya.

1. Shampoo dan Conditioner

Pilih yang sesuai sama jenis rambut kamu. Bersihkan sampe ke kulit kepala dengan shampoo dan gunakan conditioner pada batang rambut aja. Sebaiknya dilakukan tiap dua hari sekali.

2. Creambath dan Hair Tonic

Pijatan lembut pada kulit kepala dengan menggunakan creambath dan hair tonic ini bisa memperlancar peredaran darah yang akan mempercepat perumbuhan rambut.

3. Hair Supplement

Bentuknya bis aseperti kapsul berisi gel yang didalamnya berisi berbagai macam vitamin seperti vitamin B, C dan E. Oleskan gel pada kulit kepala dan batang rambut setiap habis mandi.

4. Sinar Matahari

Salah satu musuh utama rambut ini bisa menyebabkan rambut rusak dan kering yang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Gunakan payung atau tutup kepala untuk menyiasatinya.

5. Gentle Treatment

Sisir rambut secara perlahan setelah rambut setengah kering, beri jarak 15 cm pada saat menggunakan hair dryer dan jangan terlalu kencang mengikat rambut.


INGAT!! Semakin sehat kulit kepala dan rambut, pertumbuhan rambut akan semakin cepat. Silahkan mencoba yah!

Tidak ada komentar: