September 30, 2008

Rahasia Kulit Cantik dan Sehat


Ingin punya kulit indah?? Simak deh tipsnya dan miliki kulit sehat selamanya. Agak ribet memang, tapi dijamin nggak bakal nyesel deh!

1. Busakan pembersih wajah sebelum menyentuh muka

Biasakan untuk membusakan cabun cuci muka pada telapak tangan terlebih dahulu sebelum terekspos ke wajah. Busa adalah bagian efektif dari pembersih muka yang bertugas membersihkan muka. Cara terbaik untuk mencuci muka urutannya adalah basahi wajah dengan air, keluarkan sedikit cleansing foam pada jari dan busakan pada telapak tangan dengan bantuan air. Pijat wajah dengan putaran kecil selama satu menit lalu basuh dengan air sampai busanya hilang.

2. Bersihkan make-up mata dengan pembersih khusus

Bersihkan mata dengan menepuk lembut (bukan menekan) kelopak dan bagian bawah mata yang ph-nya rendah. Bersihkan mata mengarah dari bagian luar ke dalam. Gunakan cotton buds untuk daerah yang sulit dijangkau oleh kapas.

3. Jangan lupakan bagian leher!

Pernah melihat kulit leher dan kulit muka belang alias beda warna? Bagian leher emang sering terlupakan saat menggunakan pelembab. Padahal selain kulit wajah, yang paling sering terkena efek sinar matahari adalah kulit bagian leher, lengan, dada yang juga nggak tertutup oleh pakaian. Rawat bagian leher, lengan dan dada dengan mengoleskan body lotion yang mengandung sunblock dengan SPF minimal 15. Oleskan lagi pelembab setiap mencuci tangan atau sehabis mandi.

4. Tidur sebelum membersihkan muka adalah kejahatan!

Nggak kepengen kan kulitmu berkerut sebelum waktunya? Berlama-lama memakai make-up bahkan sampai tidur belum membersihkan make-up akan memicu penuaan dini. Bekas make-up akan menyatu dengan kotoran yang seharian menumpuk lalu menempel erat pada wajah. Sebaiknya bersihkan wajah sebelum tidur walaupun hari itu kamu nggak menggunakan make-up sekalipun. Kulit wajahmu akan sehat dan happy!

5. Turuti ritual cantik dengan aturan!

Obat jerawat nggak bisa efektif masuk kedalam pori dan membunuh bakteri karena terhalang oleh pelembab yang kamu kenakan setelahnya. Bahkan bisa jadi obat itu akan menjadi kotoran baru bersama pelembab. Jdi pastikan pemakaiannya setelah membersihkan muka. Pada kulit bersih itulah obat jerawat dioleskan. Tunggu selama 5 menit baru diikuti oleh pelembab yang mengandung sunblock tipis-tipis. Terakhir pakailah bedak dan lip gloss. Ready to go!

6. Stop mandi dengan air panas!

Pernah mendengar mitos kalo uap air panas dapat membuka pori-pori kulit? Jangan percaya! Pori-pori kulit nggak membuka dan nggak menutup, tapi hanya membesar dan mengecil. Sementara air panas bersifat mengeringkan kulit dan merusak jaringan kapilaris. Kulit menjadi kering akibat dehidrasi dan akhirnya retak. Sebelum mulai mansi, tes dulu kadar panas air dengan pergelangan tangan. (Kulit pergelangan tangan lebih sensitif dibanding bagian telapak yang cenderung tebal). Sebaiknya, stop kebiasaanmu mandi dengan air yang terlalu panas. Air dingin is cool!

7. Tidur Telentang!

Pernah memperhatikan kulitmu berkerut setelah tidur tengkurap? Seperti ada cap dari jahitan sprei atau bantal? Hati-hati dengan kebiasaanmu itu. Bisa-bisa kerutan itu jai permanen karena kulit berangsur-angsur kehilangan kelenturan setelah usia. Selain itu bakteri yang berasal dari minyak bercampur sel kulit mati bisa terperangkap di sarung bantal. Jadi sarungbantal yang kotor itu sudah semestinya nggak berdekatan dengan kulit. Coba deh tidur telentang dan akan sedikit menunda penuaan dini. Dan cuci sarung bantalmu setiap minggu!

Tidak ada komentar: